Profesional melayani anda sesuai syariah dan sunnah

Profesional melayani anda sesuai syariah dan sunnah

Kegiatan Posistif Selama Bulan Ramadhan

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 20 Mei 2019, 05:16:43

Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif, halal, berpahala, dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah, bukan bulan yang dijadikan alasan untuk bersantai dan bermalasan, menurut berbagai sumber syariat islam berikut kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan.

ramadhan.jpg

 

1.Perbanyak Tadarus

Di bulan suci yang penuh berkah ini, para umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba mengumpulkan pahala, dengan berbuat kebaikan terhadap sesama dan memperbanyak amal ibadah. Salah satu ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan di bulan Ramadan ini, adalah tadarus Alquran. Kegiatan membaca dan memahami kitab suci umat Islam tersebut, merupakan ibadah yang paling populer lho di bulan Ramadan ini. Dengan rutin melakukan tadarus Alquran, kita gak hanya akan memperkuat keimanan dan menambah ilmu agama Islam saja, tetapi juga akan merasakan beberapa manfaat besar lainnya.

2.Bersedekah

Kegiatan positif yakni yang berhubungan dengan pahala bersedekah di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan ialah dengan memotivasi sesama untuk memperbanyak sedekah dan menyalurkan sedekah tersebut kepada yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak anak yatim piatu yang kekurangan, tentu saja boleh untuk mendahulukan orang terdekat atau tetangganya terlebih dahulu sebagai wujud keutamaan bersedekah kepada yang terdekat dahulu.

3.Buka bersama anak yatim

Ramadhan juga merupakan bulan untuk berbagi. Jika kamu berkecukupan, hendaknya bagikanlah berkah tersebut kepada orang lain. Misalnya saja, adakan acara buka bersama dengan anak-anak panti asuhan. Tak perlu membeli makanan mewah dengan harga ratusan ribu dari restoran mahal. Cukup ayam goreng atau nasi kotak sudah menunjukkan niat ikhlasmu untuk berbagi.

  1. Shalat Tarawih Berjamaah

Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu.” Mneghidupkan malam bulan Ramadhan yang dimaksud ialah dnegan melakukan amal baik misalnya shalat tarawih secara berjamaah. Tentu ada diantara kita yang sepanjang hari sibuk dengan rutinitas dunia hingga tak pernah mengetahui atau bergaul dengan tetangga dekatnya sendiri, bulan ramadhan bisa menjadi moment untuk meingkatkan silaturahmi, yakni dengan shalat tarawih bersama tetangga sehingga terjalin hubungan yang damai dan bisa mendapatkan pahala shalat tarawih di bulan ramadhan.

  1. Memperbanyak Doa

Sudah selayaknya bulan ramadhan digunakan untuk berdoa, kita bisa memotivasi teman teman kita untuk mendoakan kebaikan satu sama lain atau mendoakan saudara saudara kita sesama muslim yang mungkin saat ini sedang dalam kondisi susah karena berada dalam peperangan atau bencana sehingga mereka tidak bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan senyaman kita sehingga kita mendapatkan keajaiban doa di bulan ramadhan.

  1. I’Tikaf

I’tikaf artinya ialah berdiam diri di dalam masjid atau mushalla atau tempat yang tenang untuk beribadah guna mendekat dan melakukan kebaikan kepada Allah. I’tikaf itu menurut Rasulullah disunahkan baik bagi lelaki dan perempuan, semasa ramadhan pun Rasulullah Saw. selalu beri’tikaf dengan sungguh sungguh,

yaitu terutama pada hari hari 10 (sepuluh) malam ramadhan yang terakhir serta para wanita yang menjadi istri Beliau pun menjadi turut ikut beliau, yaitu ikut I’tikaf bersama dengan niat karena Allah. Dan hendaknya orang islam yang melaksanakan I’tikaf itu melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti memperbanyak bacaan dzikir, memahami dan banyak mengucap istigfar, membaca dan mempelajari Al-Qur’an, berdoa kebaikan untuk dunia akherat, shalat sunnah dan sebagainya

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id