Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Ini Dia Tips Menunaikan Ibadah Umrah Buat Kamu Milenial

Kategori : Artikel, Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Desember 2020, 15:20:00

Banyak anggapan, bahwa melakukan ibadah haji atau umrah harus saat sudah tua, pensiun, atau harus jadi orang kaya lebih dulu. Padahal, tak usah menunggu tua untuk menunaikan umrah. Justru saat masih muda, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan maksimal. Kok bisa?

Tentu saja, sebab untuk menjalankan semua kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak energi dan kondsi fisik yang kuat. Mumpung masih muda, sehat, segar bugar, Anda bisa mulai merencanakan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Awali dengan niat kuat untuk melaksanakan umrah saat masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar antrian haji yang masih panjang. Tetap berikhtiar agar Allah mengundang Anda dengan cara yang tidak terduga. Misalnya dengan membuat rencana kapan akan melaksanakan perjalanan umrah. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan cita-cita berangkat ke tanah suci. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Memantaskan Diri Berangkat Umrah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah niat. Niat yang tulus untuk menunaikan ibadah umrah. Perlu dipahami bahwa beribadah ke tanah suci adalah undangan dari Allah SWT. Bukan soal pria atau perempuan, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk dianggap pantas di depan Allah SWT.

sehingga, Anda harus menyertai niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. contohnya, lihat seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, menambah ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Sehingga Allah akan melihat kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih luar biasa lagi yaitu beribadah di tanah suci.

Mempelajari Tentang Persiapan Umrah

Selanjutnya, Anda coba untuk belajar tentang apa saja yang perlu Anda siapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan saat di sana, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca ketika umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa menggali informasi teknis tentang cara ibadah umrah, dokumen yang harus disiapkan, membuat paspor, mencari biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang banyak bisa membantu Anda supaya lebih terarah.

Anda bisa mencari informasi terkait ibadah umrah melalui pencarian di internet, ataupun bertanya kepada saudara yang pernah menunaikan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Umrah

Umrah merupakan ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah yang lain, terutama terkait biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda mempunyai prioritas yang berbeda dalam mengalokasikan penghasilan yang Anda dapatkan. Banyak kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang penting untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda berniat untuk umrah, upayakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa melaksanakannya. Anda bisa mulai membuat tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Saat ini, ada bermacam-macam lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembuatan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan lebih terbantu karena ‘dipaksa’ menabung untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menemukan Waktu Terbaik untuk Ibadah Umrah

Selanjutnya Anda bisa menetapkan waktu terbaik untuk berangkat umrah. Bisa juga menyesuaikan jadwal Anda saat ini. Namun, ada baiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di tanah air.

Terdapat beberapa waktu terbaik yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, laksanakan umrah pada saat itu. Sebab umrah di bulan Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan indahnya suasana Ramadhan di Baitullah yang membuat ibadah Anda semakin terasa berkesan.

  • Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Pada bulan Maret-Mei merupakan waktu yang baik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca sedang sehingga nyaman dan lebih fokus untuk menjalankan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi saat yang tepat bagi Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai motivasi untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka lebih dekat kepada Allah SWT. Tak heran jika pada pergantian tahun adalah momen yang diminati untuk melaksanakan umrah.

  • Sebelum dan Setelah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan sesudah musim Haji, situasi di tanah suci cukup lengang. Anda bisa merencanakan umrah pada waktu itu agar Anda bisa beribadah dengan khusyu tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun berdoa di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terbaik

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, memerlukan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali pergi umrah, penting memilih travel umrah yang terpercaya.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda bisa mencari informasi dari website, datang langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari sahabat atau saudara yang sudah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang bisa menghambat rencana ibadah umrah Anda.

Baca juga : 5 Hal yang bisa Anda persiapkan agar Umroh tidak Sekedar Impian

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari

Terakhir, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Karena tujuan utama dari umrah adalah hanyalah beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • Melaksanakan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Ingat, umrah bukanlah sekedar berkunjung ke tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk orang-orang yang Allah berikan kekayaan, sangat mudah untuk berangkat umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu luruskan niat, supaya tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Menjalankan umrah dengan tujuan mencari untung. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Cek lagi niat Anda benar-benar murni untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri untuk menjalankan umrah. Beribadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tak perlu memaksakan diri untuk pergi umrah jika memang belum cukup. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya memulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Baca juga : 10 Hal yang Wajib Anda Siapkan sebelum Berangkat Umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id