Profesional melayani anda sesuai syariah dan sunnah

Profesional melayani anda sesuai syariah dan sunnah

Halal Bihalal

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 24 Juni 2019, 04:13:02

  Halal bihalal menjadi sebuah tradisi silaturahim di masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan adalah halal bihalal ke rumah sanak saudara dan kolega. Tradisi ini merupakan ajang silaturahim untuk saling bermaafan serta berbagi cerita antar sanak saudara setelah satu tahun kiranya tidak berjumpa.

Namun, tahukah kawan bahwa istilah halal bihalal ternyata hanya ada di Indonesia? Istilah ini bahkan sampai dikaji oleh para pakar dan ulama mengenai maknanya karena sesungguhnya istilah ini tidak ditemukan dalam Al-Quran dan Hadits.Oleh sebab itu, dalam dunia karier pun manusia tak bisa lepas dari ketergantungan relasi dan partner.

Halal bihalal menjadi momen yang sangat tepat untuk memperbaharui dan mempererat persaudaraan. Aktivitas manusia yang begitu sibuk, bahkan sering mengharuskannya jauh dari kerabat, sangatlah membutuhkan suasana halal bihalal.

Paling tidak agar acara tahunan itu benar-benar menjadi perhatian khusus untuk ber-silaturrahmi dan saling memafkan bagi semua pihak. Ketimbang jikalau tidak ada acara tahunan seperti itu, mungkin kesibukan akan meleburkan perhatian mereka akan pentingnya ber-silaturrahmi.

Saling maaf-memaafkan pada saat Idul Fitri dan halal bihalal bukan berarti mengkhususkan maaf hanya pada momen itu saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                   Halal bihalal karyawan Tim Aldawood

Setelah manusia berbuat baik kepada Allah dengan berpuasa sebulan penuh; mengabdikan diri kepada-Nya. Maka pada momen Idul Fitri dan Halal bi Halal, giliran mereka meneguhkan kesadaran persaudaraan antar sesama dengan saling memafkan dan berbagi keceriaan. Aktivitas ini sangat indah sebagaimana diisyaratkan surat al-Hajj ayat 77, "Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan berbuatlah kebaikan supaya kamu mendapat kemenangan". Dan surat al-A'raf ayat 199, "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh".

Maka, halal bihalal meskipun asli kelahiran Indonesia, namun esensinya tetap Islami.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id