Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Tips Seputar Persiapan Ibadah Umroh Sekeluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 25 Desember 2020, 02:30:17

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah umroh adalah hal yang istimewa. Banyak keutamaan yang terdapat pada ibadah umroh, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda bisa beribadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri pada Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda peroleh.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika dapat melaksanakannya bersama keluarga terdekat, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah dengan orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang harus dijalankan supaya perjalanan umroh bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, buat Anda yang ingin beribadah umroh bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan ibadah umrah sekeluarga. Yuk, simak selengkapnya!

Berniat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda persiapkan adalah berniat untuk melaksanakan ibadah umroh. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar bersama-sama meniatkan diri untuk berangkat beribadah umroh. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk bisa beribadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang memiliki niat untuk umroh, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci tak hanya soal kesiapan materi, tetapi juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ hamba-Nya yang sudah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk beribadah umroh ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tak cukup, maka harus diimbangi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga mendaftar umroh. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, semakin banyak anggota keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dikeluarkan juga semakin tinggi. Maka, Anda perlu merencanakan untuk persiapan dana tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan umroh. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa pergi umroh bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umroh kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang mendaftar. Anda bisa memilih paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan

Tentu saja, Anda bisa memulai tabungan umroh dengan nominal semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda dihadapan Allah agar dimampukan untuk pergi umroh. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memberikan kemampuan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umroh?

Menyiapkan Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang turut serta dalam perjalanan umroh, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari informasi dan catat surat-surat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umroh. Anda dapat menggali informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro travel umroh yang Anda percaya.

Kenapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Agar Anda tak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Buatlah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, karena hal tersebut juga memerlukan waktu. Persiapan yang matang akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah penting untuk diperhatikan, sebelum menunaikan umrah dengan keluarga. Sebab sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tak hanya kesehatan diri sendiri, tapi setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat diantisipasi oleh anggota keluarga lain yang ikut bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi umro.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal aktivitas yang berbeda, seperti orangtua yang harus bekerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang tepat untuk menjalankan umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga aktivitas utama justru terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( agar tidak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Menyiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar bawaan yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat mempersiapkan barang bawaan, pasti semua tampak penting untuk dibawa. Sehingga Anda tidak menyadari bahwa barang yang dibawa oleh Anda sangat banyak bahkan tidak muat melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan urutan barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda bukan pindahan selamanya tapi hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Lihat berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda butuh ruang bila Anda membeli oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah perbanyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda tercapai untuk bisa melaksanakan ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, akan tetapi Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak hanya berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara sering-sering bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda dalam menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam rangka menjalankan ibadah.

Itulah 7 tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat memperkuat niat serta menambah keseriusan Anda dalam menjalankan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang tercinta. Selamat mencoba!

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id