Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Mengenal Air Zam-zam dari Sejarah Sampai Manfaat Di dalamnya

Kategori : Features, Ditulis pada : 10 Januari 2021, 07:55:17

Jika berkunjung ke tanah suci, tidak lengkap rasanya jika tak ada air Zam-zam sebagai oleh-oleh ketika kembali ke tanah air. Ya, hal ini disebabkan air Zam-zam hanya dapat Anda jumpai di Makkah, tepatnya dari sumbernya yakni sumur Zam-zam yang bertempat di area Masjidil Haram. Zam-zam disebut sebagai air suci bagi umat Islam karena memiliki banyak keistimewaan.

Bagi Anda yang penasaran, apa sih keistimewaan air Zam-zam dibanding dengan air dari sumber lain? Berikut ini akan kita uraikan secara lengkap apa itu air Zam-zam dari proses terbentuk hingga keistimewaan dan manfaat dari air yang oleh Rasulullah disebut dapat menjadi penyembuh segala macam penyakit ini. Yuk simak sampai akhir!

Asal-Usul Air Zam-zam

Asal mula munculnya air Zam-zam pertama kali adalah ketika peristiwa Siti Hajar mencarikan air untuk Ismail kecil yang sedang kehausan. Siti Hajar berusaha mencari sumber mata air dari bukit Shafa hingga ke bukit Marwah, namun tak kunjung menemukannya. Ia hanya melihat fatamorgana, serupa genangan air dari jauh tapi tak ia temukan ketika didekati. Siti Hajar harus bolak-balik sebanyak 7 kali, yang nantinya peristiwa ini diabadikan menjadi salah satu rukun dalam ibadah haji dan umrah yang dikenal dengan rukun Sa’i.

34.jpg

Photo by Amadej Tauses on Unsplash

Setelah tujuh kali bolak-balik, kemudian muncul sumber air dari arah yang tidak diduga yaitu di bawah kaki Ismail yang dia hentak-hentakkan. Siti Hajar merasa sangat bersyukur kepada Allah karena telah mencurahkan kasih sayang pada mereka dalam bentuk sumber air tersebut.

Nama air Zam-zam berasal dari bahasa Arab yang berarti banyak, melimpah ruah. Ada pula yang berpendapat bahwa nama ini|Zam-zam) diambil dari perkataan Siti Hajar saat air Zam-zam mulai memancar dari kaki bayi Ismail, jika terus memancar tidak bisa dibendung maka seluruh kota Makkah akan tenggelam karenanya.

Maka, Siti Hajar berkata, “Zamzam, Zamzam” yang artinya ‘kumpullah, kumpullah’ sehingga air Zam-zam terpancar secukupnya saja sesuai kebutuhan. Bahkan sumber air tersebut tak pernah kering sejak 4000 tahun yang lalu sampai hari ini, dapat memenuhi kebutuhan penduduk Makkah dan para jamaah haji dan umrah yang tengah menunaikan ibadah di Baitullah.

Anda bisa menemukan sumur air Zam-zam ini tepatnya di timur Ka’bah atau kurang lebih 21 meter di sekitar halaman Masjidil Haram. Sumur ini disinyalir tidak pernah kering kecuali dalam kondisi tertentu, sebab resevoir tetap terhubung dengan air tanah yang terbarukan. Sumber air sumur Zam-zam asalnya dari endapan air hujan di kota Makkah yang kemudian terbentuk selama jutaan tahun. Terdapat endapan sungai sedalam 14 meter disebabkan oleh air hujan dari pegunungan yang mengalir ke dataran rendah.

Sumur zam-zam proses penggaliannya dengan tangan sedalam sekitar 30,5 meter. Untuk mengangkat airnya, menggunakan pompa listrik  yang memompa air dari dalam sumur. tak sembarang orang diizinkan masuk area sumur air Zam-zam ini, pengunjung hanya diizinkan mengambil air dari kran-kran yang disediakan di luar ruangan. Ohya, air Zam-zam ini bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu lho! Jadi bisa langsung diminum dari kran-kran yang disediakan. 

Kelebihan dan Manfaat Air Zam-zam

Seperti yang dijelaskan di atas, air Zam-zam merupakan air yang suci bagi umat Islam. Menurut sejarahnya, air ini adalah air yang dipakai minum oleh Nabi Ismail. Dalam salah satu riwayat menyebutkan bahwa air Zam-zam dipergunakan untuk mencuci hati Rasulullah SAW yang dilakukan oleh malaikat Jibril.

Dalam tafsir Syaikh Asy-Syaukani Rahimahullah mengenai hadits Rasulullah tentang air Zam-zam yaitu “Air Zam-zam tergantung dari tujuan seorang) yang meminumnya”, maka hal tersebut|ini) menjadi dalil bahwa air Zam-zam dapat memberikan manfaat sesuai dengan niat seseorang yang meminumnya. Baik manfaat secara lahiriah maupun ukhrawi.

35.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Air Zam-zam bisa menjadi penawar dari berbagai macam penyakit. Hal ini tidak hanya asumsi saja, namun telah diteliti oleh para ilmuwan yang menjelaskan bahwa air Zam-zam memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebutan Lain Air Zam-zam

Nah, dari banyaknya manfaat air Zam-zam terdapat beberapa sebutan nama lain dari air Zam-zam. Contohnya Syaba’ah atau Tha’amu Tha’min yang artinya mengenyangkan, yaitu barangsiapa yang mengonsumsi air Zam-zam akan merasa kenyang. Syifa’ Saqamin yang artinya menyembuhkan penyakit dan ‘Afiyah yang berarti sehat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam salah satu haditsnya yang mengatakan bahwa air Zam-zam bisa menyembuhkan penyakit atas izin Allah. Untuk yang ingin berikhtiar sembuh dari penyakit dapat mencoba lewat wasilah air Zam-zam sebagai obatnya.

Selanjutnya yaitu Nafi’ah yang artinya bermanfaat, karena banyaknya kebaikan dari air Zam-zam ini tidak hanya untuk jasmani namun juga ruhani seperti menguatkan hati dan menghilangkan ketakutan. Barrah yang artinya kebaikan dan Madhmumah yang bermakna bagus. Air Zam-zam ini dihadirkan di tengah-tengah bangsa Arab agar penduduk juga orang-orang yang mengunjunginya selalu berbuat kebaikan. Allah juga melarang mereka untuk melakukan kemaksiatan.

Ada juga yang menyebutnya sebagai Murwiyah (penyegar) dan Mu’zhibah (pelepas dahaga) karena air Zam-zam bisa melepas dahaga yang menyegarkan seluruh anggota badan. Sehingga ia disebut juga Kafiyah yang artinya mencukupi, membuat orang yang meminumnya akan merasa cukup dan puas setelahnya.

Air Zam-zam juga penuh berkah seperti namanya Maimunah. Terbukti dari zaman nabi Ibrahim air zamzam telah mencukupi kehidupan Ismail dan Siti Hajar, juga kaum setelahnya. Dari sanalah muncul suatu peradaban Islam yang agung, yang di pimpin oleh Rasulullah. Itulah beberapa nama lain dari air Zam-zam yang ternyata menyimpan banyak manfaat serta keberkahan.

36.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Pada dasarnya, air Zam-zam bisa Anda dapatkan dengan gratis dengan mengambil langsung dari kran yang disediakan, namun Anda tak bisa mengikut sertakan air Zam-zam bersama koper Anda di dalam bagasi pesawat sebab bisa berbahaya. Tapi, jangan khawatir. Biasanya, para jamaah yang pulang dari haji atau umrah akan diberikan jatah air Zam-zam dalam kemasan galon sebanyak 5 liter dari pihak penyelenggara haji dan umrah..

Itulah sekilas uraian tentang rahasia dan khasiat dari air Zam-zam yang jarang diketahui. Sebagai muslim, tentunya Anda ingin merasakan bagaimana rasanya minum air Zam-zam secara langsung di Baitullah. Semoga Allah berikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah bagi kita semua)).

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id