Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Agendakan Berkunjung ke Destinasi Wisata Religi Berikut Setelah Umrah

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 12 Januari 2021, 02:08:54

Siapa yang tidak ingin menunaikan ibadah ke Baitullah? Setiap mukmin tentu ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji maupun umrah di Baitullah. Kerinduan akan tanah yang jadi saksi sejarah peradaban Islam itu, tentu ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan umat muslim datang mengunjungi Ka’bah untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan makin lengkap jika Anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Tentunya, wisata religi tersebut bisa Anda jalani setelah melaksanakan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama mengunjungi Baitullah adalah untuk melakukan ibadah. Adapun rencana berkunjung ke tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin meningkatkan keimanan serta semangat untuk beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam melalui melihat secara langsung tempat-tempat bersejarah yang ada di tanah suci.

Nah, berikut ini tujuh tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah umrah ketika berada di tanah suci. Yuk, simak sampai habis!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat yang mempunyai nilai sejarah, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama turun ke bumi. Tidak heran, begitu banyak kaum muslimin yang datang berkunjung ke tempat ini untuk menyaksikan secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khusus yang ada di Jabal Rahmah ini, Anda bisa menemukan tugu persegi panjang dengan warna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang dengan tinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Destinasi yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang kisah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang sangat terkenal pada zaman Rasulullah. Sebab pada waktu itu terjadi peperangan antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul karena mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak pelajaran atas kekalahan umat Islam pada saat itu. Yaitu, dalam peperangan wajib taat pada perintah panglima perang yang saat itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikecoh oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, Khalid mendapat Gelar Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter tersebut terletak di sebelah utara kota Madinah. Anda dapat singgah di Masjid Al Fash, sekaligus ziarah makam para sahabat Nabi yang gugur saat perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melakukan shalat setelah perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat selanjutnya adalah Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi SAW saat hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang dipakai untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah ini ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan warna putih sebagai ciri khasnya. Terdapat 3 pintu sebagai tempat keluar masuk di Masjid Quba. Di bagian tengah, Anda bisa menemukan sumur dan tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda dapat berbelanja aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid ini terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai sekarang ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, ketika melaksanakan umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, namun Anda harus dalam keadaan fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Sebab, jalan menuju Gua Hira’ melewati tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

Saat menunaikan umrah, bisa dipastikan Anda akan mengunjungi Masjidil Haram yang terletak di Kota Makkah. Karena sebagian besar rukun umrah dilaksanakan di tempat ini, mulai dari thawaf, sai, dan tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf ketika berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang digunakan oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Kota Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area kediaman Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid ini.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan pada Rasulullah bisa terobati saat Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut termasuk masjid terbesar di dunia ini selalu ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling dikabulkan untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Untuki Anda yang ingin ziarah makam, bisa berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di tempat yang disebut Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yaitu Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar saat hijrah ke Madinah. Anda bisa menjadikan Jabal Tsur sebagai alternatif tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tidak lengkap rasanya ibadah umrah tanpa membeli oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya 1 kilometer dari Masjidil Haram. Anda bisa berbelanja macam-macam camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga souvenir seperti tasbih dan sajadah yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itulah tujuh tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah melaksanakan ibadah umrah. Semoga ibadah umrah Anda diterima, dan bisa merasakan perjalanan yang semakin berkesan dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id