Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Bingung Buah Tangan Umroh? Pilih Kurma Jenis Ini Saja!

Kategori : Features, Tips, Ditulis pada : 25 Januari 2021, 08:24:44

Salah satu buah tangan khas Arab atau Timur Tengah yang paling terkenal yaitu kurma. Kurma menjadi primadona jamaah haji dan umrah sebagai buah tangan untuk dibawa pulang ke Indonesia. Buah yang rasanya manis ini ternyata beragam jenisnya dan juga kaya akan manfaat.

Kurma juga merupakan buah kesukaan Nabi yang sering dikaitkan dengan bulan Ramadhan, sebab sering dikonsumsi ketika berbuka puasa. Bahkan menjadi sunnah Nabi mengkonsumsi kurma di pagi hari. Seperti dalam riwayat berikut ini:

Dari Saad bin Abi Waqash RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa makan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara bebatuan (di Madinah) ketika pagi, maka ia tak akan celaka terkena racun (sihir) hingga petang.”

46.jpg

Photo by Mona Mok on Unsplash

Selain itu, Nabi SAW juga menganjurkan untuk makan kurma sebelum shalat Id pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini untuk mengingatkan bahwa ada larangan untuk tidak berpuasa ketika 1 Syawal dan 1 Dzulhijjah.

“Rasulullah tidak berangkat Shalat Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma.” (HR. Bukhari)

Nah, untuk Anda penyuka buah kurma ini tentu penasaran kan, apa saja jenis-jenis kurma yang bisa Anda coba? Yang pasti, semua jenis kurma memiliki kandungan manfaat saat dikonsumsi serta mempunyai rasa yang legit tergantung selera masing-masing. Yuk, simak selengkapnya jenis-jenis dan manfaat kurma dalam ulasan berikut ini!

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa juga dikenal dengan sebutan “Kurma Nabi”. Menurut asal mulanya pohon kurma ini pertama kali ditanam| oleh Rasulullah waktu di Madinah, tepatnya di dekat Masjid Quba. Nama Ajwa diambil dari nama anak dari sahabat Nabi yaitu Salman A-Farisi, atas jasanya memberi wakaf kebun kurma untuk perjuangan umat muslim.

Nabi sangat suka kurma Ajwa untuk dimakan sehari-hari. Dalam salah satu hadits disebutkan, “Barang siapa memakan kurma Ajwa sebanyak tujuh butir di pagi hari, pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang menjadi favorit di kalangan umat muslim, terutama untuk oleh-oleh haji dan umrah. Kurma Ajwa mempunyai tekstur yang lembut, buahnya berwarna kehitaman serta ada salur-salur putih pada kulit buahnya menjadi ciri khas yang menjadi pembeda kurma ini dengan jenis lainnya. Karena ke-khas-an kurma ini, harga kurma Ajwa lumayan tinggi di antara jenis kurma yang lain.

48.jpg

Photo by Naim Benjelloun from Pexels

Kurma Ajwa juga punya banyak kandungan nutrisi jadi baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Ingat bagaimana kisah Maryam ibunda Nabi Isa yang juga makan buah kurma sehingga nantinya anaknya menjadi anak yang cerdas dan penyabar. Kurma juga baik untuk pertumbuhan anak-anak utamanya untuk sumsum tulang belakangnya.

Medjool

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang asalnya dari Amerika Serikat. Salah satu cirinya yaitu buahnya yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan jenis kurma lainnya yaitu sekitar 10-15 cm. Kurma ini berwarna coklat muda, dengan kulit daging yang tebal. Kurma Medjool bertekstur empuk dan lembut serta rasanya manis dan legit. tidak heran jika kurma ini juga disebut sebagai “Kurma Raja” atau “Berlian Kurma”.

tidak jauh beda dengan manfaat kurma lainnya, kurma Medjool juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa alami yang berperan sebagai karbohidrat sederhana sebagai sumber energi. Kurma ini pas untuk dikonsumsi waktu sahur, karena juga banyak kandungan vitamin, mineral dan kalium yang merupakan serat alami sehingga membuat rasa kenyang yang cukup lama setelah memakannya.

Kurma Sukkari

Nama kurma Sukkari diambil dari bahasa Arab yakni ‘sukkur’ yang artinya gula, tidak heran bila kurma ini punya cita rasa yang manis. Tekstur kurma Sukkari sangat lembut daging buahnya seperti karamel. Kurma sering menjadi menu wajib untuk buka puasa di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi, termasuk jenis kurma Sukkari ini. Kurma Sukkari dibudidayakan di wilayah Al-Qaseem, Arab Saudi.

Kurma Sukkari memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti: zat besi, vitamin A, asam amino, magnesium dan lainnya. Sehingga kurma Sukkari sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain bisa menyehatkan pencernaan, mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, mengatasi karies gigi, menurunkan kolesterol, untuk kesehatan kulit bahkan untuk diet. Selain dimakan langsung, kurma Sukkari juga lezat untuk campuran jus. 

Kurma Khalas

Kurma khalas adalah salah satu kurma yang disebut superfood sebab kaya akan manfaat. Khalas secara bahasa berarti selesai atau dalam arti lain khalas berarti sempurna. Sehingga sesuai dengan namanya kurma ini menjadi kurma dengan kelezatan yang tiada tara.

Kurma khalas berwarna cokelat kemerahan, teksturnya lembut serta agak lengket. Rasanya juga sangat manis seperti karamel, selera bagi pecinta rasa manis. Kurma khalas juga memiliki banyak manfaat, kurang lebih seperti kurma Sukkari yang telah dipaparkan di atas. Namun, uniknya dari kurma khalas adalah kurma ini dapat dinikmati dalam 3 tingkatan. yakni kurma segar (khalal), kurma matang (ruthab), dan kurma kering (tamr).

47.jpg

Photo by Quintin Gellar from Pexels

Nah, itulah macam-macam jenis kurma dan manfaatnya bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kurma (sekitar 400 lebih jenis kurma) yang bisa menjadi alternatif bagi Anda antara lain kurma Barhee, kurma Halawy, kurma Deglet Noor (kurma Tunisia), kurma Zhaghloul, kurma Fard, dan lain sebagainya, namun belum bisa kita bahas satu persatu.  

Jelang bulan suci Ramadhan, kurma sudah mulai mudah ditemui karena banyak yang menyediakan kurma sebagai santapan ketika sahur atau berbuka, juga camilan saat hari raya. Jika Anda ke tanah suci, jangan lupa pilih kurma sebagai salah satu buah tangan wajib untuk dibawa pulang ke tanah air. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini kurma cukup mudah didapatkan di Indonesia utamanya di toko khusus oleh-oleh haji dan umrah. Selamat mencicipi lezatnya buah kurma ya!

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id