Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Pentingnya untuk Tidak Melewatkan Manasik sebelum Umroh

Kategori : Artikel, Umrah, Tips, Ditulis pada : 02 Februari 2021, 03:49:54

Berkesempatan untuk mengunjungi Baitullah untuk beribadah umrah tentu menjadi hal yang sangat dirindukan oleh setiap muslim dari seluruh dunia. Butuh persiapan yang matang agar perjalanan ibadah umrah dapat berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan melakukan manasik umrah.

Manasik umrah tidak termasuk dalam rukun atau wajib umrah, akan tetapi aktivitas ini cukup penting untuk dikerjakan supaya Anda sebagai calon jamaah umrah bisa menunaikan ibadah umrah dengan tata cara yang tepat. Lalu, apa sih sebetulnya manasik umrah itu? Berikut hal-hal yang harus Anda pahami tentang manasik ibadah umrah.

52.jpg

Photo by ibrahim uz on Unsplash

Apa itu Manasik Umrah?

Manasik umrah adalah peragaan pelaksanaan ibadah umrah yang benar mulai dari rukun hingga tata caranya secara menyeluruh. Manasik ini biasanya digelar oleh pihak biro umrah tempat Anda mendaftarkan diri untuk jadi jamaah umrah.

tentunya, akan ada pembina khusus dalam kegiatan manasik umrah ini. Anda akan diberikan arahan mulai dari bagaimana aktivitas rukun umrah, tata cara umrah yang benar, juga praktek langsung bagaimana ibadah umrah yang baik dan benar. Tidak hanya sekedar teori akan tetapi juga prakteknya, sehingga Anda jauh lebih mudah untuk memahami bagaimana pelaksanaan umrah tersebut.

Supaya bisa lebih merasakan suasana ketika di Baitullah, sewaktu manasik umrah juga menggunakan properti yang serupa seperti miniatur Ka’bah. Lalu peserta manasik umrah juga akan memakai pakaian ihram layaknya sedang melaksanakan ibadah umrah yang asli.

Selain menjelaskan rukun dan tata cara umrah, pembimbing juiga akan memberikan arahan seperti sosialisasi tentang peraturan-peraturan pemerintah Arab Saudi yang berlaku, agar para jamaah tidak melanggar hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Nah, untuk tata caranya sendiri kurang lebih mencakup pelaksanaan rukun dan wajib umrah. Berikut penjelasannya:

Tata Cara Manasik Umrah

Ada beberapa tahapan pelaksanaan manasik umrah. Manasik ini bisa juga disebut sebagai latihan, karena Anda akan memperagakan langsung apa yang akan Anda jalankan ketika umrah. Jadi, tata caranya kurang lebih serupa dengan rukun serta wajib umrah.

Niat Ihram di Miqat dengan Memakai Pakaian Ihram

Hal pertama yang dilakukan ketika manasik adalah menjalankan rukun umrah pertama yakni ihram. Sebelumnya, lakukan sunnah ihram antara lain potong kuku, mencukur rambut (tidak boleh sampai gundul bagi laki-laki), memotong kumis, jenggot serta bulu lainnya di tubuh. Dilanjutkan mandi, menyela-nyela jari tangan dan kaki, di akhiri dengan berwudhu.

Dilanjutkan dengan memakai pakaian ihram. Pakaian ihram untuk pria dibuat secara khusus, yaitu pakaian dengan warna putih terdiri dari dua bagian yakni kain bagian atas yang disebut Rida serta kain bagian bawah yang disebut Izzar. Pakaian ihram untuk perempuan, pakaian ihram sama dengan baju muslimah shalat. Harus menutup aurat, kecuali wajah dan telapak tangan, menjulur sampai ke dada serta mengenakan kaos kaki agar bagian bawah tertutup.

Tahapan selanjutnya yaitu shalat sunnah ihram, yang dapat dilaksanakan ketika menunaikan shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Jadi, bukan dikhususkan shalat sunnah untuk ihram. Dan terakhir melaksanakan niat di tempat miqat yaitu Bir Ali.

Sewaktu berihram di tanah suci, upayakan untuk banyak-banyak dzikir dan membaca talbiyah yang berbunyi, “Labaikkallahumma labbaik”. Bisa juga melafalkan bacaan talbiyah versi yang lebih lengkap. Perbanyak dzikir serta hindari segala larangan ketika berihram.

Thawaf Mengelilingi Ka’bah

Selanjutnya adalah berlatih mempraktekkan salah satu kegiatan rukun umrah yaitu thawaf. Thawaf yaitu berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Dimulai dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad pula, disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir saat thawaf.

Selesai thawaf, disunnahkan pula untuk melaksanakan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim. Anda bisa memperbanyak doa di tempat ini, sebab Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Melaksanakan Rukun Sa’i

Sebelum menunaikan rukun sa’i, disunnahkan minum air zam-zam sambil berdoa. Proses manasik selanjutnya yaitu mempraktekkan rukun umrah ketiga yaitu sa’i. Sai adalah berjalan cepat antara bukit Shafa dan Marwah.

Anda membutuhkan kekuatan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rukun ini, sehingga dengan melakukan manasik umrah Anda bisa mencoba agar nantinya lebih siap ketika pelaksanaan umrah yang sebenarnya.

Rukun Tahallul, Memotong Sebagian Rambut atau Keseluruhan

Nah, hal terakhir yang dilakukan ketika manasik haji adalah mempraktekkan tahallul yaitu memangkas sebagian rambut atau seluruhnya (bagi laki-laki). Tahallul ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asal sudah menjalankan rukun umrah juga. Yang penting tidak berlawanan jenis. Khusus jamaah perempuan, diutamakan tahallul dilakukan oleh mahramnya, atau sesama jamaah perempuan yang telah melakukan rukun umrah juga.

Itulah beberapa tahapan manasik umrah, terutama bab rukun umrah yang sangat penting untuk dilakukan secara tepat, karena sifatnya wajib.

53.jpg

Image by Konevi from Pixabay

Hikmah Manasik Umrah

Untuk yang melaksanakan manasik umrah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dibandingkan dengan yang tak melaksanakannya. Hikmah manasik umrah antara lain:

- Mengetahui tata cara ibadah umrah yang tepat, agar tidak terjadi kekeliruan saat melaksanakan rukun maupun wajib umrah.

- Mengerti gambaran situasi dan kondisi saat berada di tanah suci, dan paham apa yang harus dilakukan selama melaksanakan ibadah umrah

-Lebih mengenal pembimbing jamaah dan teman serombongan yang berangkat bersama dari tanah air.

-Memahami prosedur ketika di bandara dan itinerary.

-Memantapkan hati dan siap untuk menjalankan ibadah umrah.

Itulah pentingnya memahami tentang manasik ibadah umrah. Anda wajib menyiapkan diri secara mental dan fisik sebelum berangkat melaksanakan ibadah umrah ke baitullah. Jangan lewatkan manasik umrah ini sebab sangat penting untuk Anda jalankan. Selamat menjalani manasik ibadah umrah!

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id