Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Pahami Ibadah Ghairu Mahdah Saat Haji dan Umrah Agar Pahala Berlipat Ganda

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 27 Februari 2021, 04:35:15

Menunaikan haji dan umrah adalah pengalaman ibadah yang luar biasa. Selain dapat mengerjakan ibadah di rumah Allah, segala macam bentuk ibadah baik itu ibadah mahdah ataupun ibadah ghairu mahdah bisa diganjar pahala yang melimpah. Selain mengerjakan rukun haji dan umrah serta ibadah fardhu, Anda bisa memaksimalkan ibadah dengan menjalankan ibadah ghairu mahdah ketika menjalankan haji dan umrah.

Ibadah ghairu mahdah merupakan ibadah selain ibadah fardhu seperti sholat. Sifatnya lebih kepada muamalah, yaitu ibadah umum yang jika dikerjakan diridhoi dan dicintai oleh Allah SWT. Yang termasuk di dalamnya terkait yang berhubungan antar manusia. Sehingga, bentuk dari ibadah ghairu mahdah tidak hanya yang sifatnya ritual seperti sholat ataupun puasa, tapi banyak aktivitas lain yang bisa dikerjakan juga bernilai ibadah.

Wujud dari ibadah ghairu mahdah ini bisa berupa perkataan ataupun perbuatan. Baik itu secara lahiriah maupun dalam batin. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali unsur kehidupan yang manusia jalani seperti kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, politik, kebudayaan dan juga seni. Dalam bentuk ibadah misalnya memotong hewan qurban, jual beli, wakaf, melaksanakan aqiqah, hingga melangsungkan pernikahan. Hal tersebut dapat bernilai ibadah di mata Allah jika dikerjakan dengan niat ikhlas beribadah serta mendapat ridha Allah SWT.

Pastinya, tak semua ibadah ghairu mahdah bisa Anda kerjakan saat di tanah suci. Misalnya, kegiatan jual beli merupakan hal yang baik yang dihalalkan oleh Allah dan bisa bernilai ibadah. Akan tetapi, saat menunaikan haji dan umrah adalah waktu yang kurang tepat sehingga aktivitas ini malah menyita waktu untuk beribadah atau membuat pelaksanaan rukun haji dan umrah jadi kurang fokus..

Nah, Anda pasti penasaran. Apa saja sih wujud aktivitas yang termasuk ke dalam ibadah ghairu mahdah yang dapat dikerjakan saat haji dan umrah? Yuk, simak sampai habis ya agar Anda dapat langsung mempraktekkannya saat menunaikan ibadah haji dan umrah di Baitullah!

I’tikaf

I’tikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid dengan mengucapkan niat i’tikaf. Perbedaannya dengan i’tikaf di masjid umumnya, Anda melaksanakan i’tikaf di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ketika menunaikan ibadah haji dan umrah. Tentunya, suasana i’tikaf akan sedikit berbeda. Suasana Masjidil Haram dan Masjid Nabawi cenderung lebih ramai dengan jamaah haji dan umrah yang lain.

28.jpg

Photo by Haidan on Unsplash

Anda dapat memilih titik atau sudut masjid yang tak terlalu ramai dengan orang yang berseliweran agar Anda bisa lebih tenang dan khusyu’ saat menjalani i’tikaf. Anda dapat mengisi i’tikaf Anda dengan memperbanyak dzikir kepada Allah, membaca Alquran, shalat sunnah, serta berdoa kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk berwudhu sebelum masuk ke masjid untuk ber i’tikaf.

Menyembelih Hewan Qurban

Menurut bahasa, qurban berarti dekat. Sedangkan menurut istilah, qurban adalah menyembelih hewan qurban yang sudah memenuhi syarat serta dilakukan pada saat yang ditentukan yakni saat Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah. Tujuan dari melaksanakan qurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

29.jpg

Photo by Sam Carter on Unsplash

Selain itu, setiap muslim bisa melaksanakan qurban untuk meneladani kisah ketaatan Nabi Ibrahim yang Allah berikan perintah untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail yang juga sangat taat kepada Allah. Akhirnya Allah menggantinya dengan hewan qurban karena ketaatan keduanya.

Inilah kesempatan untuk Anda yang tengah menunaikan ibadah haji untuk memaksimalkan ibadah ghairu mahdah yaitu qurban. Anda dapat menyembelih hewan qurban di Baitullah. Tentunya sangat luar biasa apabila Anda dapat melaksanakannya ketika haji, dan meraih pahala yang berlipat ganda.

Shadaqah

Selanjutnya adalah shadaqah. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak shadaqah saat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Banyak keutamaan ketika seseorang bersedekah. Anda dapat memberikan apapun yang terbaik yang Anda punyai dengan niat semata-mata mengharap balasan dari Allah semata tanpa mengharap imbalan dari makhluk-Nya.

Berwakaf

Secara bahasa, wakaf artinya menahan. Sedangkan menurut istilah, wakaf berarti memberikan harta yang kekal zatnya, yang kemudian dapat mendatangkan manfaat untuk kepentingan umat di jalan Allah. Biasanya, jamaah haji dan umrah bisa mewakafkan mushaf atau Alquran ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Anda dapat membeli Alquran ketika di Makkah untuk kemudian diwakafkan. 

Menjaga Wudhu

Menjaga wudhu termasuk ibadah ghairu mahdah yang bisa Anda kerjakan ketika haji dan umrah. Dengan menjaga wudhu, Anda bisa mengerjakan lebih banyak ibadah seperti sholat sunnah, membaca Alquran, ber i’tikaf dan seterusnya. Tanpa harus bolak-balik wudhu, sehingga lebih hemat waktu. Apalagi, ada keutamaan yaitu meraih pahala dengan menjaga wudhu ini.

30.jpg

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Berdzikir

Terakhir, Anda harus banyak-banyak dzikir mengingat Allah sepanjang melaksanakan ibadah haji dan umrah, kapanpun dan dimanapun. Jangan lupa untuk selalu melisankan dzikir seperti istighfar, bertakbir, bertasbih, juga tahmid yang bisa melindungi Anda dari berkata-kata yang buruk atau melewatkan detik demi detik di tanah suci tanpa mengingat Allah.

Ini adalah jalan yang cukup mudah bagi Anda dalam meraih banyak pahala. Anda bisa membawa tasbih manual maupun menggunakan tasbih digital yang dipakai di jari agar selalu ingat untuk mengucap dzikir kepada Allah.

Nah, itu tadi beberapa ibadah ghairu mahdah yang dapat Anda lakukan ketika beribadah haji dan umrah. Semoga dengan mengerjakan ibadah tersebut, Anda bisa lebih dekat kepada Allah dan mendapat pahala yang melimpah dari Allah SWT.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id