Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Melayani Anda sesuai syariah dan sunnah dengan biaya terjangkau

Trik Agar Konsisten Menabung Untuk Umrah Selama Pandemi

Kategori : Artikel, Umrah, Tips, Ditulis pada : 10 April 2021, 06:31:01

Pandemi Corona memang belum berakhir, namun kita semua berdoa semoga kita bisa segera berangkat ibadah umrah di kondisi new normal ini. Salah satu cara untuk menjaga niat baik kita untuk melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci adalah dengan menyiapkan dana tabungan untuk berumrah saat pandemi berlangsung, dan menyegerakan untuk berumrah bila ada kesempatan untuk berangkat ke tanah suci.

pexels-mohit-kulkarni-4448561.jpg

Foto oleh Mohit Kulkarni dari Pexels

Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan cara bagaimana agar Anda bisa konsisten menabung untuk persiapan umrah nantinya. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda!

Tentukan Budget dan Jumlah Tabungan Umrah

Langkah pertama dalam menabung untuk biaya ibadah umrah adalah dengan menentukan anggaran. Tentu saja, Anda harus mengetahui kisaran biaya untuk ibadah umrah. Bukan hanya harga tiket dan sebagainya, tetapi juga termasuk uang saku, biaya lain-lain seperti pengurusan paspor dan vaksin. Jangan lupa saat new normal ini, Anda akan dibebankan biaya tes PCR, biaya hotel karantina dan lain sebagainya. Jumlahnya tentu tidak sama dengan umrah di masa sebelum pandemi Covid 19.

Anda bisa menggali informasi dengan bertanya kepada orang yang sudah berangkat ke tanah suci saat pandemi ini, atau dengan mencari tahu di internet mengenai kisaran biayanya. Dengan demikian, Anda bisa menentukan jumlah tabungan yang cukup untuk biaya umrah.

Mencari Info Tentang Paket Umrah di Website Travel

Cara termudah untuk mengetahui angka tabungan yang Anda perlukan untuk umrah adalah dengan mencari informasi tentang paket umrah di website travel umrah. Seperti yang sedang Anda lakukan saat ini, Anda bisa sekaligus mencari informasi harga paket umrah yang sesuai dengan kemampuan Anda melalui website.

Kenapa harus di website? Karena jika Anda mencari hanya lewat media sosial saja, Anda bisa jadi memperoleh informasi yang salah dari travel umrah yang tidak terpercaya. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan teliti saat mencari info tentang paket-paket umrah yang akan Anda beli.

Mencari Informasi Tentang Tabungan Umrah

Selain mencari informasi harga paket umrah, Anda juga bisa mencari informasi tentang tabungan umrah. Ada kalanya travel mengadakan program-program tabungan untuk umrah. Selain program tabungan, juga ada program cicilan umrah. Anda bisa bertanya kepada travel apakah ada program tersebut di travel umrah tempat Anda mendaftar sebagai jamaah.

Kami menyarankan supaya selalu waspada saat menyerahkan dana tabungan umrah Anda. Jika Anda kurang yakin terhadap keamanan uang yang Anda setorkan, maka Anda bisa mencari alternatif untuk menabung umrah.

Memilih Cara yang Cocok Bagi Anda untuk Menabung Umrah

Seperti yang kami jelaskan di poin sebelumnya, Anda dapat memilih alternatif-alternatif untuk menabung umrah. Ada berbagai macam cara menabung umrah, seperti :

  1. Tabungan Umrah di Bank. Anda bisa membuka tabungan khusus umrah di bank syariah atau BMT dengan setoran awal yang cukup ringan dan setoran selanjutnya nominalnya ditentukan oleh bank (menggunakan metode autodebet) atau setoran bebas dengan minimal jumlah penyetoran tertentu. Program ini dapat membuat Anda lebih konsisten menabung untuk umrah.
  2. Tabungan Umrah di Travel. Biasanya, ada program penyetoran deposit serta angsuran untuk membayar paket umrah di travel. Karena program di tiap travel berbeda, maka Anda bisa mencari tahu infonya di travel dan memilih tabungan umrah di travel sesuai dengan kemampuan Anda.
  3. Tabungan Umrah Konvensional. Bila Anda lebih nyaman menabung secara konvensional di celengan atau amplop dengan uang tunai, silakan gunakan cara ini. Tentunya setelah mencapai jumlah tertentu, menyimpan dana secara tunai dalam jumlah besar ada resiko dana Anda hilang. Jadi, akan lebih aman jika sudah terkumpul Anda segera menyetorkannya ke bank atau lembaga keuangan lainnya.
  4. Menabung Logam Mulia. Mungkin ini kurang cocok dilakukan apabila Anda akan berumrah dalam waktu dekat. Namun, bila Anda ingin berangkat umrah minimal 5 tahun dari sekarang, menabung emas bisa menjadi pilihan agar nilai uang Anda tidak tergerus inflasi.

Mulai Menabung untuk Ibadah Umrah

Cara berikutnya adalah dengan memulai menabung sesegera mungkin. Tak ada gunanya Anda terus kebingungan untuk menabung, mulai saja dengan apa yang ada di depan Anda saat ini. Misalnya Anda sudah mempunyai uang 100.000 rupiah, maka Anda bisa menjadikannya setoran awal tabungan umrah, atau mulai meniatkannya untuk tabungan umrah (menyisihkannya secara terpisah dari dompet Anda).

money-3431772_1280.jpg

Image by Mohamad Trilaksono from Pixabay 

Niat baik Anda insya Allah akan dicatat oleh Allah SWT dan teruslah berusaha menambah jumlah tabungan umrah Anda secara rutin.

Buat Tantangan Menabung Umrah

Apabila Anda tergolong kaum millennial, maka pasti Anda akan menyukai challenge atau tantangan menabung untuk umrah. Ikutilah tantangan menabung (biasanya postingan seperti ini banyak tersebar di media sosial), dan disiplin untuk mengikuti challenge menabung tersebut hingga mencapai target yang Anda butuhkan untuk biaya umrah.

Ajak Orang Lain Untuk Menabung Umrah

Mengajak orang lain untuk menabung umrah bisa menambah semangat kita untuk segera mencapai target tabungan umrah. Anda bisa membuat grup khusus atau mengikuti forum-forum yang memiliki visi yang sama dnegan Anda, yakni bisa berangkat ke baitullah dengan saling mengingatkan untuk menabung biaya umrah.

Kreatif Mencari Sumber Penghasilan lain untuk Umrah

Anda juga dapat mencari peluang di masa pandemi ini untuk memperoleh sumber penghasilan lain yang bisa Anda alokasikan untuk tabungan umrah. Anda dapat membuka bisnis baru, atau menjual sesuatu yang hasilnya bisa Anda sisihkan khusus di tabungan umrah.

Itulah beberapa cara agar Anda bisa konsisten menabung untuk biaya perjalanan umrah Anda selama pandemi sehingga semangat Anda untuk beribadah umrah tetap terjaga. Bila Anda sudah memiliki tabungan umrah, segera daftarkan diri Anda untuk berumrah bersama kami. Info lengkap bisa diakses di website ini ya! Terima kasih.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id